detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M, adalah dokter subspesialisasi bedah refraktif dam vitreo-retina di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 7 Februari 2011 hingga 13 Juli 2012)

Bisakah Penglihatan Normal Lagi Setelah Retina Berlubang?

Senin, 24/01/2011 14:54 WIB
(Foto: thinkstock)
Dokter, mata saya mengalami ablasio retina dan ada sedikit lobang kata Dokter. Sekarang sudah dioperasi, apakah penglihatan saya bisa kembali dengan normal? Apa pantangan untuk penderita ablasio retina? Terimakasih.

Aldo (Pria Lajang, 19 Tahun), wialdo90@yahoo.com
Tinggi Badan 175 Cm dan Berat Badan 50 Kg


Jawaban

Penanganan lubang atau ablasio retina tergantung dari tingkat keparahannya, bisa dengan melakukan laser saja atau ditambah dengan operasi. Untuk penglihatan setelah tindakan, tentunya sangat tergantung berapa lama ablasio sudah berlangsung dan sangat ditentukan daerah retina mana yang terkena. Pantangan setelah operasi biasanya sesuai dengan instruksi dokter yang menangani, karena tergantung dari jenis operasinya.

Ablasio retina terjadi akibat adanya satu atau lebih robekan-robekan atau lubang-lubang di retina. Penyebabnya karena retina yang menipis akibat proses penuaan atau kerusakan pada retina.

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M
Dokter subspesialisasi bedah refraktif dan vitreo-retina di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit