detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG

Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG (Endodontist), adalah Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Bagaimana Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Cabut Gigi?

Selasa, 25/01/2011 14:03 WIB
foto: Thinkstock
Dok, saya mempunyai gigi berlubang dan saya merasa tidak nyaman sekali dengan gigi saya yang berlubang ini. Saya ingin mencopotnya tapi yang jadi pertanyaan saya apakah bisa tumbuh gigi yang baru, Dok? Apakah karang gigi itu bisa mengakibatkan pengikisan pada gigi?

Iwan Syah
(Pria Lajang, 20 Tahun), giwong04@gmail.com
Tinggi Badan 183 Cm dan Berat Badan 68 Kg

Jawaban

Gigi yang berlubang pada kasus Bapak, bila dicabut tidak akan tumbuh gigi lagi karena gigi Bapak sudah gigi tetap semua.

Jadi saran saya, Bapak bisa datang ke dokter gigi spesialis konservasi gigi untuk dilakukan perawatan saraf pada gigi yang berlubang. Dan setelah itu bisa dibuatkan crown tanpa perlu gigi tetap Bapak dicabut.

Karang gigi tidak akan menyebabkan pengikisan pada permukaan gigi, tapi bila sudah menumpuk banyak sekali bisa menyebabkan peradangan gusi (gusi sering berdarah), atau karang gigi bisa menyebabkan bau mulut.

Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG (Endodontist)
Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
(ir/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close