detikhealth
Konsultasi Anak
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Kenapa Ada Benjolan-benjolan di Kepala Bayi?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 26/01/2011 10:33 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, di kepala anak saya selalu muncul benjolan-benjolan kecil. Kira-kira itu kenapa ya dok? Apakah karena alergi? Bagaimana mengobatinya? Terimakasih.

Teguh Supriyanto (Laki-laki Menikah, 25 Tahun), van_suprie@yahoo.co.id
Tinggi Badan 173 cm dan Berat Badan 78 kg.


Jawaban

Benjolan yang muncul di kepala bisa bermacam-macam penyebabnya dan letaknya bisa di kulit atau di bawah kulit. Bila benjolan terletak di bawah kulit, besarnya seperti kacang hijau, dipegang tidak sakit dan tidak melekat pada dasar (bila dipegang bergerak), kemungkinan hanya pembesaran kelenjar getah bening. Tetapi bila benjolan cepat membesar maka perlu pemeriksaan lebih lanjut dan segera bawa ke dokter.

Namun bila benjolan kecil tersebut melekat pada kulit dan perih saat dipegang, kemungkinan benjolan tersebut adalah bisul. Benjolan ini terbentuk karena adanya infeksi pada daerah tersebut. Pencetusnya adalah alergi yang bisa berasal dari makanan seperti telur, susu sapi atau makanan laut. Untuk terapi terbaik adalah dengan menghindari pencetus alergi dan menjaga kebersihan kulit.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit