detikhealth

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 11/02/2011 11:43 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Kulit bersisik tidak hanya mengganggu penampilan seseorang, tapi bisa membuat orang menjadi frustasi, sensitif dan untuk kasus tertentu kadang menyakitkan. Apa penyebab kulit bersisik?

Kondisi kulit yang bersisik diakibatkan hilangnya lapisan luar kulit atau disebut dengan epidermis dalam jumlah besar dan membuatnya menjadi tidak elastis.

Ciri kulit yang bersisik umumnya kering dan rentan terkena masalah seperti eksim. Kondisi ini kadang membuat seseorang merasa gatal yang jika terus menerus digaruk dapat menyebabkan kulit teriritasi dan mengalami ruam.

Kulit bersisik umumnya ditandai dengan tampilan kasar, mengelupas, sensitif dan kemerahan. Ketika kondisi kulit sudah seperti itu, dilansir Mayo Clinic, Jumat (11/2/2011) maka ia tidak bisa lagi bekerja sebagai faktor pelindung.

Ada beberapa hal yang diketahui bisa menjadi penyebab kulit bersisik:

  1. Gizi yang buruk
  2. Kurangnya perawatan kulit misalnya menggunakan sabun yang keras atau krim kulit yang tidak tepat
  3. Untuk kaki bisa disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak pas sehingga menimbulkan sakit, infeksi jamur.
  4. Kulit bersisik juga sangat mungkin terjadi di musim dingin, karena angin yang muncul di musim dingin tidak bisa ditoleransi oleh kulit sehingga membentuk bercak seperti sisik di kulit.
  5. Selain itu bisa juga karena regenerasi lapisan kulit yang terlau cepat sehingga mengakibatkan kulit terkelupas dan bersisik.

Ketika diketahui memiliki kulit bersisik, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu:

Menggosok kulit (scrub)
Basahi kulit yang bersisik, kemudian mulailah menggosoknya dengan lembut menggunakan spons atau sarung tangan exfoliating. Hal ini bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga mengelupaskan kulit dengan lembut.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit