detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG adalah Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 19 November 2009 hingga 22 Juni 2012)

Bisakah Kista di Bibir Vagina Sembuh Tanpa Operasi?

Rabu, 16/02/2011 13:26 WIB
(Foto: thinkstock)
Tahun 2000 saya pernah operasi kista bartoloni (kista di vagina) dibibir vagina sebelah kanan, tapi sekarang seperti tumbuh lagi agak dalam. Tapi tidak sakit dan tidak mengganggu. Saya takut operasi, apa ada jalan lain untuk sembuh? Apa yang menyebabkan kista ini? Mohon jawabannya dok.

Arie (Perempuan Menikah, 50 Tahun), mama_arie66@yahoo.com
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 65 Kg


Jawaban

1. Pada umumnya kista Bartolini (kelenjar yang terdapat pada bagian bawah introitus vagina) disertai dengan rasa nyeri yang hebat. Ibu perlu diperiksa terlebih dahulu, karena pembengkakan di bibir vagina bukan saja diakibatkan oleh kista Bartolini, bisa juga oleh penyakit yang lain. Penanganan tergantung pada diagnosa.

2. Kista disebabkan oleh penumpukan cairan dalam suatu rongga jaringan. Cairan dihasilkan terus-menerus, tetapi saluran untuk mengeluarkan cairan ini tersumbat itulah yang menyebabkan terjadinya kista.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG
Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit