detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Bisakah Susu Kedelai Mencegah Osteoporosis?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 17/02/2011 09:02 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Selama ini susu dikenal sebagai salah satu minuman yang baik untuk tulang dan bisa mencegah osteoporosis. Tapi apakah susu yang berasal dari kacang kedelai juga bisa mencegah osteoporosis?

Osteoporosis merupakan suatu penyakit yang mana kepadatan tulang mulai berkurang. Bila seseorang mengalami osteoporosis maka koneksi antar mineral tulang menjadi lebih tipis yang menyebabkan tulang lemah dan meningkatkan risiko fraktur (tulang patah).

Susu kedelai adalah minuman yang dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan disaring, beberapa susu kadang difortifikasi (ditambahkan) dengan kalsium, vitamin B, E dan D. Kini sebuah bukti terbaru menunjukkan bahwa susu kedelai juga bisa membantu mencegah osteoporosis.

Susu kedelai diketahui mengandung isoflavon sehat yang dikenal sebagai phytoestrogen, yaitu suatu senyawa kimia yang menunjukkan efek seperti estrogen di dalam tubuh manusia. Baru-baru ini pengaruh susu kedelai terhadap peempuan yang telah menopause dianalisis, seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (17/2/2011).

Berdasarkan penelitian dari Linus Pauling Institute diketahui bahwa efek estrogen dari phytoestrogen bisa membantu memelihara dan menjaga tulang. Hasil ini juga diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan oleh L.M. Chiechi dan rekan serta dilaporkan dalam Maturitas: An International Journal of Midlife Health and Beyond tahun 2002.

Kualitas dari phytoestrogen ini telah menarik perhatian untuk digunakan dalam mencegah osteoporosis serta membantu mengendalikan keurasakan tulang. Phytoestrogen dalam kedelai ini diyakini memiliki efek mampu merangsang metabolisme dan membangun tulang.

Proses membangun tulang dikoordinasikan oleh sel-sel yang dikenal dengan osteoblastik, sedangkan kerusakan tulang dirangsang oleh sel osteoclastical. Mulai dari masa kanak-kanak hingga usia 20-an proses tulang didominasi oleh sel osteoblastik sehingga tulang mengalami pertumbuhan.

Untuk membantu membangun tulang hingga usia berapa pun dan mencegah osteoporosis bisa melalui pola makan dan juga olahraga. Dengan mengonsumsi 2 cangkir susu kedelai setiap hari sudah cukup untuk membantu tubuh membangun tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.
(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit