detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG

Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG (Endodontist), adalah Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Gigi Abses, Bolehkah Dicabut?

Jumat, 18/02/2011 10:38 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, saya mengalami Abses (bernanah) di gigi setelah perawatan dari dokter gigi. Pada saat akan dicabut tidak diizinkan Dokter, karena tensi saya 170/100 dan saya memang penderita Hipertensi. Jadi kapan gigi saya tersebut boleh dicabut? Karena saya takut abses lagi? Terimakasih.

Liza (Perempuan Menikah, 49 Tahun), ltriwahyuni@yahoo.com
Tinggi Badan 152 Cm dan Berat Badan 45 Kg


Jawaban

Bila Ibu menderita hipertensi, memang dianjurkan untuk tidak sembarangan dicabut. Untuk menghilangkan abses (gigi bernanah) yang timbul lagi, Ibu perlu datang ke dokter spesialis konservasi gigi (endodontis) untuk dilakukan perawatan ulang. Karena siapa tahu masih ada sisa saraf rusak yang belum bisa dikeluarkan sempurna, sehingga menimbulkan abses lagi. Bila perawatan ulangnya berhasil,abses akan hilang dan ibu tidak perlu melakukan pencabutan gigi.

Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG (Endodontist)
Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

 
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit