detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

Benarkah Tidur Siang Bikin Gemuk?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 23/02/2011 14:34 WIB
Halaman 1 dari 2
foto: Thinkstock
Jakarta, Banyak orang yang takut tidur siang karena dianggap sebagai pemicu kenaikan berat badan. Benarkah tidur siang bikin orang cepat gemuk?

Anggapan itu terkait dengan kebiasaan orang yang tidur siang sehabis makan siang. Ada mitos kalori yang dimasukkan setelah makan siang akan menumpuk menjadi lemak jika dibawa tidur siang.

Tetapi ternyata hingga saat ini peneliti belum menemukan hubungan kegemukan dengan tidur siang. Yang jelas kebiasaan tidur siang yang lama memang membuat tubuh tidak bergerak sehingga kalori yang dibakar menjadi sedikit.

Yang perlu diperhatikan, menurut dokter kesehatan keluarga dari Virginia, Kristie Leong MD seperti dilansir HealthMad, Rabu (23/2011), durasi tidur siang jangan lebih dari 30 menit.

Tidur siang yang terlalu lama atau lebih dari 30 menit akibatnya malah akan membuat merasa mengantuk terus sepanjang hari. Tubuh jadi tidak bergerak sehingga kalori yang di dalam tubuh jadi tidak terbakar.

Sebaliknya menurut Dokter Leong, tidur siang dalam durasi yang pendek (30 menit) justru memiliki banyak manfaat. Salah satunya menggantikan kurang tidur di malam hari bagi yang sering kerja lembur, meski kualitasnya tentu tidak sebaik tidur malam.

Tidur siang bukan berarti memperbanyak waktu tidur, yang penting jumlah keseluruhan tidur dalam satu hari masih dalam batas wajar, yaitu 6-7 jam sehari untuk orang dewasa.Next

Halaman 1 2
(up/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit