detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
Dr. Michael Setyawan SpS

Dr. Michael Setyawan SpS, adalah dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Kenapa Tangan Sering Gemetar?

Selasa, 01/03/2011 12:22 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, mengapa tubuh saya sering gemetar? Terutama tangan kalau sedang megang benda pasti tangan saya gemetar (dalam istilah jawa 'gayaren'). Apa penyebabnya? Apakah ini termasuk kelainan kromosom atau mungkin penyakit langka? Apakah bisa diobati atau disembuhkan? Terimakasih.

Didik Muslimin (Pria Lajang, 22 Tahun), didikmuslimin@rocketmail.com
Tinggi Badan 175 Cm dan Berat Badan 54 Kg


Jawaban

Gemetar atau disebut juga tremor adalah gerakan osilasi ritmis yang tidak bisa dikendalikan oleh tubuh. Secara umum tremor dapat dibagi menjadi tremor saat istirahat dan tremor saat melakukan gerakan. Tangan gemetar saat memegang benda kemungkinan merupakan tremor saat melakukan gerakan.

Beberapa penyebab tremor saat gerakan yang sering adalah tremor fisiologis, tremor esensial, disebabkan oleh obat atau pengaruh alkohol. Tremor harus dicari penyebabnya dan diobati sesuai penyebabnya. Untuk pengobatan, saya sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf.

Dr. Michael Setyawan SpS 
Dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit