detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Kenapa Anak 14 Bulan Belum Bisa Ngomong?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 02/03/2011 12:56 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, anak saya yang kedua (perempuan) sudah berumur 14 bulan, tetapi belum mau ngomong dan masih terbatas ngomong mama serta mimik. Tetapi dia sudah bisa menangkap ucapan-ucapan kita dan menurutinya seperti duduk, berdiri, pakai sandal, membuang sampah dan lain-lain. Sedangkan kalau minta sesuatu dia biasanya hanya menunjuk-nunjuk saja. Jika tidak dituruti biasanya ia akan marah, menangis sampai guling-guling di lantai. Kondisi ini sangat berbeda dengan anak saya yang pertama, saat umur satu tahun sudah belajar menyanyi. Mohon solusinya Dok. Terimakasih

Wahyoe (Laki-laki Menikah, 34 Tahun), imelnyajohna@gmail.com
Tinggi Badan 170 Cm, Berat Badan 58 Kg


Jawaban

Perkembangan anak akan berbeda satu dengan yang lain dan kita tidak boleh membandingkan anak yang satu dengan yang lain. Semua anak mempunyai ciri khasnya sendiri- sendiri. Tetapi kita mempunyai patokan standar untuk menilai kapan seorang anak harus sudah bisa melakukan suatu kegiatan diusianya atau tidak.

Ada seorang anak yang bisa berjalan lebih awal dibandingkan bicaranya. Tetapi dilain pihak ada seorang anak yang dapat bicara lebih dahulu dibanding berjalan. Bila masih termasuk dalam variasi normal, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Saat ini anak bapak usia 14 bulan, sudah dapat memanggil mama dan mimik, kemudian menuruti perintah apa yang disuruh seperti memakai sandal. Hal ini menunjukkan  perkembangannya masih dalam batas normal.

Pada anak usia 14 bulan, maka motorik kasarnya sudah dapat berdiri dan berjalan serta motorik halusnya sudah dapat mencorek-corek dan memakai sandal. Personal sosialnya sudah dapat menuruti perintah dan menirukan kegiatan. Untuk bahasa, biasanya anak usia 14 bulan sudah dapat mengucapkan 3-6 kata.

Nah anak bapak masih masuk dalam variasi normal, namun sebaiknya mulai diajarkan bicara. Misalnya dengan cara melatih bicara berhadapan yang menggunakan bahasa sehari-hari. Jangan menggunakan bahasa asing yang jarang digunakan dirumah, karena akan membuat anak tambah bingung.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit