detikhealth

Teknik Jitu Mengecilkan Bahu yang Gemuk

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 02/03/2011 13:20 WIB
Teknik Jitu Mengecilkan Bahu yang Gemuk(Foto: thinkstock)
Jakarta, Orang yang mengalami kenaikan berat badan biasanya tak cuma perut atau pahanya saja yang besar. Bahu pun ikut besar, dan bagi perempuan bahu yang gemuk membuatnya terlihat kurang menarik.

Lemak yang menumpuk di bagian bahu tentunya dapat membuat penampilan kurang menarik, terutama bagi wanita yang suka mengenakan pakaian yang mengekspos daerah bahu. Bagaimana cara menghilangkan lemak yang ada di bahu?

Untuk mengencangkan bagian atas tubuh, dapat dilakukan dengan membakar kelebihan lemak tubuh dengan latihan kardiovaskular dan membangun otot dengan latihan beban.

Berikut beberapa cara menghilangkan lemak di bahu agar terlihat kencang, seperti dilansir Prevention, Rabu (2/3/2011), yaitu:

1. Berenang
Berenang adalah olahraga yang menggabungan latihan kardiovaskular dengan latihan kekuatan, terutama untuk bagian tubuh atas seperti bahu. Orang dengan berat badan 63,5 kg yang berenang 25 meter per menit selama 30 menit dapat membakar 200 kalori.

2. Latihan barbel dan angkat besi
Ada beberapa latihan beban yang dapat dilakukan untuk membakar lemak di bagian tubuh atas seperti bahu dan lengan, antara lain barbel dan angkat besi. Ada tiga bidang utama pada lengan yang dapat mengisolasi dan memperkuat otot, yaitu bisep, trisep dan bahu. Dengan melakukan latihan ini, tubuh akan sulit menyimpan lemak di bahu dan lengan karena otot selalu bekerja.

3. Push up
Push up merupakan cara yang efektif untuk membakar lemak di bahu. Jika Anda ingin melakukan latihan yang akan bekerja pada bisep, trisep, lengan dan bahu pada saat yang sama, Anda harus melakukan beberapa kali push up. Melakukan latihan ini akan membantu membakar kalori dan juga membantu Anda memperkuat punggung serta menurunkan berat badan.

4. Latihan dengan menggunakan kursi
Mengencangkan otot dan menghilangkan lemak di bahu juga bisa dilakukan dengan latihan kursi. Caranya dengan meletakkan telapak tangan di tepi kursi yang kokoh dan tumpukan berat badan Anda pada tangan. Tekuk kaki membentuk sudut sekitar 90 derajat.

Kemudian perlahan turunkan pantat ke lantai dengan menekuk lengan dan dorong kembali ke atas hingga lengan kembali lurus, tapi jangan gunakan bantuan kaki untuk menaikkan tubuh dan tumpukan berat badan pada tangan. Lakukan satu set 8 sampai 15 pengulangan.

5. Kencangkan trisep
Angkat lengan kiri lurus ke atas, kemudian letakkan tangan kanan di siku lengan kiri. Tarik dan tekuk perlahan siku ke arah bahu kanan yang kemudian diregangkan. Tahan selama 20 detik, kemudian ulangi dengan lengan kanan.





(mer/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit