detikhealth

Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 24/03/2011 18:02 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Rasa perut tidak nyaman, habis makan lalu sakit perut atau sulit buang air besar (BAB) bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya karena usus lengket. Apa ciri-ciri usus lengket?

"Gejala pelengketan usus yang pasti dan sering adalah merasa tidak enak. Nggak enak aja gitu, nggak enaknya susah diterangin," jelas Dr Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes, Spesialis Bedah dan Konsultan Bedah Digestif dan Laparoskopi RS Premier Bintaro, dalam acara Media Gathering di RS Premier Bintaro, Jakarta, Kamis (24/3/2011).

Menurut Dr Errawan, biasanya pasien yang mengalami pelengketan usus karena mengalami usus buntu yang pecah, akan merasakan sakit di perut bagian kanan. Sedangkan jika pasien yang awalnya karena endometriosis atau penyakit kandungan, biasanya rasa tidak nyaman akan terasa di bangian tengah bawah perut.

Jika pelengketan usus sudah parah, maka gejala yang dirasakan adalah susah buang air besar.

"BAB nya susah, karena si usus yang harusnya lurus-lurus aja, lancar-lancar aja kaya kereta api, itu  jadi ditarik, jadi seolah-olah yang harusnya si usus lurus jadi bengkok ke atas, karena ke tarik. Jadi waktu makanan kita berjalan, waktu digiling, itu dia harus menempuh perjalanan yang lebih jauh, yang harusnya lurus dia naik dulu ke atas. Dan ketika usus ditarik, reseptor rasa sakit di dalam juga bergerak, sehingga rasa sakitnya khas sehabis makan atau setelah makan banyak," jelas Dr Errawan.

Menurut Dr Errawan, rasa sakit tersebut muncul karena gerakan ususnya terbatas seolah-olah terikat oleh fibrin akibat infeksi.

Dr Errawan juga menjelaskan bahwa tidak ada faktor luar seperti makanan tertentu yang dapat menyebabkan pelengketan usus.Next

Halaman 1 2
(mer/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit