detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi THT
Dr. Agus Subagio, Sp TH

Dr. Agus Subagio, Sp THT, adalah Dokter Spesialis THT di RS Puri Indah Pondok Indah Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Kenapa Telinga Selalu Berdengung Sebelum dan Sesudah Makan?

Kamis, 31/03/2011 11:36 WIB
foto: Thinkstock
Dokter, telinga saya sering berdengung. Hal ini terjadi pas sebelum makan dan 1 jam setelah makan (mungkin saat makanan sudah turun ke lambung). Dengan adanya dengung ini, pendengaran menjadi berkurang bahkan saya kurang bisa mengukur volume suara saat bicara.

Apabila saya menundukan kepala saya (vertikal terhadap tanah), maka dengung hilang. Tapi saat kepala tegak lagi, dengung muncul lagi. Kondisi bertambah parah apabila setelah makan daging, kacang (gado-gado), dan makan berlebihan. Apakah ini berhubungan dengan kondisi maag saya yang memang agak bermasalah? Mohon infonya. Terimakasih, Dokter.

Yosi (Pria Menikah, 27 Tahun), yosi21_rossi@yahoo.com
Tinggi Badan 172 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Telinga mendengung (tinnitus) banyak sekali penyebabnya, tetapi bila berdasarkan informasi dan gejala yang disebutkan kemungkinan penyebabnya adalah gangguan fungsi saluran antara belakang hidung ke telinga yang disebut saluran eustachius.

Pada keadaan normal, saluran eustachius tertutup dan akan terbuka pada saat menelan. Apabila saluran eustachius selalu terbuka, maka akan menimbulkan gangguan-gangguan seperti telinga mendengung dan suara sendiri seperti menggema di telinga.

Penyakit ini sangat jarang, sehingga sering tidak terpikirkan oleh para dokter. Penyebab keadaan ini diantaranya adalah berat badan yang turun signifikan atau perubahan hormonal.

Untuk memastikan apa penyebab gejala yang dikeluhkan, sebaiknya periksakan ke dokter THT di rumah sakit yang mempunyai alat pemeriksaan THT yang lengkap.

Dr. Agus Subagio, Sp THT
Dokter Spesialis THT, praktik di RS Puri Indah Pondok Indah Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/up)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit