detikhealth

Migrain Pada Anak Bisa Karena Ada Lubang di Jantung

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jumat, 01/04/2011 13:31 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Utah, Orangtua sebaiknya waspada bila anaknya sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah. Anak-anak yang sering mengalami migrain disertai dengan gangguan penglihatan kemungkinan telah mengalami kecacatan pada jantung.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian dari University of Utah. Peneliti mengatakan bahwa anak-anak yang mengalami migrain disertai dengan gangguan visual kemungkinan telah memiliki lubang di jantungnya.

Dalam penelitian ini, dokter AS memeriksa 109 anak berusia di atas 6 tahun yang menderita migrain. Sekitar setengah dari mereka mengalami jenis migrain yang disertai dengan gangguan visual, yang disebut dengan aura cacat jantung (aura had the heart defect), menurut laporan Journal of Pediatrics, seperti dilansir BBC News, Jumat (1/4/2011).

Sejumlah penelitian medis juga telah menemukan bahwa lubang pada jantung yang terjadi saat dewasa atau yang dikenal secara teknis sebagai patent foramen ovale (PFO), berhubungan dengan migrain aura.

Gejala umum migrain aura antara lain gangguan visual saat melihat lampu berkedip atau berkedip, mati rasa, sensasi kesemutan dan berbicara cadel.

Dr Rachel McCandless dan rekan dari University of Utah menggunakan teknik pemindaian yang dikenal sebagai echocardiogram untuk mencari cacat jantung.

"Penelitian kami akan membantu memandu penelitian mendatang tentang masalah yang sulit ini," jelas Dr Rachel McCandless.Next

Halaman 1 2
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit