detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Anak Saya 8 Bulan Kok Belum Bisa Duduk?

Rabu, 06/04/2011 11:52 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, anak saya sekarang umurnya 8 bulan tetapi masih belum bisa duduk sendiri dan belum tumbuh gigi. Padahal teman sebayanya sudah bisa merangkak dan tumbuh gigi. Selain itu kalau tidur pasti miring atau sering juga tengkurap dan kalau tengkurap ia sering membentur-benturkan kepalanya ke lantai. Mohon sarannya. Terimakasih atas jawabanya dok.

Ugik Praseno (Laki-laki Menikah, 27 Tahun), prasenoku@yahoo.co.id
Tinggi Badan 169 Cm, Berat Badan 56 Kg.

Jawaban

Anak usia 8 bulan sebaiknya sudah dapat duduk dari posisi tidur dan anak harus dilatih untuk bisa melakukannya. Jadi setiap ada kesempatan kita harus melatihnya melakukan itu. Karena bila mengharapkan anak dapat melakukan sendiri, maka perkembangannya akan lebih lambat.

Sebagai perbandingan, pada usia 6 bulan anak sudah dapat duduk tanpa dipegang. Namun perlu diketahui, setiap anak mengikuti pola dan ciri khas sendiri dan tidak semua anak mengikuti pola harus merangkak, karena beberapa anak ada yang tidak melalui proses merangkak.

Sedangkan untuk posisi tidur anak, tidak harus selalu posisi terlentang tapi dapat juga posisi miring atau tengkurap. Hal yang terpenting adalah anak merasa nyaman dan aman.

Bila pada posisi tengkurap anak sering membenturkan kepala, sebaiknya coba ditelusuri apakah sering atau hanya sekali-sekali saja melakukan tindakan tersebut. Karena bila sering dilakukan perlu dilakukan pengawasan khusus, dan carilah tempat tidur yang empuk.

Untuk usia tumbuh gigi pertama bervariasi masing-masing individu, namun biasanya berkisar antara usia 5-11 bulan. Jadi anak bapak masih masuk dalam variasi normal.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.


(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit