detikhealth

Cara Mencegah Gangguan Pendengaran

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 11/04/2011 11:31 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Memiliki gangguan pendengaran tentu saja tidak menyenangkan, karena membuat orang lain harus mengatakan berulang-ulang dengan suara yang keras. Tapi hal ini bisa dicegah dengan beberapa cara.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dosis yang sehat dari dua nutrisi penting yaitu asam folat dan asam lemak omega 3 bisa membantu mencegah kehilangan atau gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia.

Hasil studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition mengungkapkan tingkat vitamin B folat yang rendah berhubungan dengan peningkatan risiko kehilangan pendengaran saat berusia di atas 50 tahun sebesar 35 persen. Vitamin B folat ini bisa ditemukan dalam bayam, kacang polong atau sayuran berdaun hijau lainnya.

Studi ini melibatkan 3.000 orang Australia berdasarkan Blue Mountains Hearing Study yang menemukan kekurangan folat bisa menyebabkan kadar homocysteine meningkat (salah satu faktor risiko yang diketahui untuk penyakit jantung). Kondisi ini pada gilirannya akan membatasi aliran darah ke bagian koklea telinga yang berfungsi mengubah energi suara menjadi sinyal-sinyal listrik yang berjalan ke otak.

Sementara itu dalam studi terpisah dengan menggunakan partisipan yang sama menemukan bahwa orang yang mengonsumsi dua porsi ikan atau lebih dalam seminggu bisa mengurangi kemungkinan mengembangkan gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia, dibandingkan dengan partisipan yang hanya mengonsumsi 1 porsi ikan seminggu.

Tambahan lainnya adalah bagi peserta yang memang diketahui sudah memiliki beberapa gangguan pendengaran akan mengurangi kemungkinan memburuknya kondisi jika mengonsumsi asam folat yang cukup.

Para peneliti memperkirakan hal ini karena asam lemak omega 3 yang terdapat di ikan memiliki sifat anti inflamasi (anti peradangan) yang membantu menurunkan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskuler yaitu tekanan darah tinggi, sehingga membantu melindungi seseorang dari gangguan pendengaran.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit