detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Susie Rendra, SpKK

dr. Susie Rendra, SpKK adalah dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Bagaimana Mengobati Selangkangan yang Belang?

Senin, 11/04/2011 14:01 WIB
foto: Thinkstock
Dok, di selangkangan saya kok warna kulitnya beda ya, dan terasa gatal. Kalau pada saat mandi dan saya bersihkan terasa ada bolot dan berlendir. Apa solusi obat atau perawatannya? Terimakasih.

Anton (Pria Menikah, 28 Tahun), gue_mac@yahoo.co.id
Tinggi Badan 166 Cm dan Berat Badan 68 Kg

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaannya.

Selangkangan memang area tubuh yang sering bermasalah, terutama gatal. Hal ini terjadi karena selangkangan merupakan area yang sering mengalami gesekan (terutama pada obesitas) dan lembab karena merupakan lipatan dan area tertutup.

Gesekan yang terus menerus menyebabkan daerah selangkangan biasa berwarna lebih gelap. Gesekan menyebabkan kulit mengalami microtrauma, sehingga mikoroorganisme terutama jamur dapat menginvasi kulit. Dengan kelembaban tinggi, pertumbuhan jamur menjadi lebih optimal.

Untuk mengatasinya memang tidak mudah. Mulailah dengan melihat faktor risiko yang anda miliki. Bila anda berpostur gemuk, mengurangi kegemukan akan memberikan perbaikan. Selain itu, kurangi kelembaban dengan cara membersihkan sisa keringat di area tersebut secara rutin, gantilah pakaian dalam bila sangat lembab. Penggunaan bedak antijamur seringkali juga membantu.

dr. Susie Rendra, SpKK
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. Serta di RS Pondok Indah Pondok Indah, Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.


(ir/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit