detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Kenapa Mata Bayi Sering Belekan?

Senin, 25/04/2011 11:41 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, mata sebelah kiri bayi kami sejak dilahirkan mengalami belekan. Sudah berbagai cara seperti diurut pada pangkal hidung hingga berobat ke Dokter mata tetap saja masih belek tersebut keluar apalagi kalau menangis. Bagaimana cara menyembuhkan belek pada bayi kami? Terimakasih dok.

Leonardus Novsi, (Laki-laki Menikah, 28 Tahun), noche_4peedy@yahoo.co.id
Tinggi Badan 166 Cm dan Berat Badan 75 Kg.

Jawaban

Belekan pada mata pada bayi sering dikeluhkan oleh orangtua, karena kenyamanan anak menjadi terganggu dan juga dapat membuat panik pada orangtua. Belekan terjadi karena air mata yang diproduksi dari kelenjar lakrimalis tidak dapat mengalir ke rongga hidung. Sepanjang hari air mata membasahi permukaan mata agar terjaga kelembabannya dan tetap bersih.

Bila terdapat infeksi mata atau saluran mata ke rongga hidung tersumbat, maka kotoran di daerah mata tidak dapat dialirkan, sehingga timbul belekan. Bila produksi air mata bayi lebih banyak, maka belekan akan relatif lebih banyak.

Tindakan yang dilakukan bila mata tidak ada tanda infeksi (seperti mata menjadi merah) adalah cukup dipijat pangkal hidung. Tindakan pemberian antibiotik tidak perlu diberikan bila tidak ada tanda infeksi. Biasanya sebelum usia 7 bulan saluran air mata akan terbuka dengan baik.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.


(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit