detikhealth

Apa Khasiat Susu Kuda Liar yang Sebenarnya?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 26/04/2011 08:37 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Susu kuda liar diklaim bisa menyembuhkan beberapa penyakit dan meningkatkan gairah seksual. Khasiat susu kuda liar yang melegenda membuat susu ini banyak dicari orang. Seperti apa khasiat susu kuda liar yang sebenarnya?

Susu kuda liar yang paling populer di Indonesia berasal dari Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Menurut ahli gizi klinik FKUI-RSCM dr Samuel Oentoro, MS, SpGK, kandungan susu kuda liar hampir sama seperti susu sapi atau susu kambing.

Namun susu kuda liar punya keuggulan karena protein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi sehingga cocok untuk bayi atau orang yang intoleransi laktosa.

Dalam 100 gram susu kuda liar terdapat 0,8 persen protein sedangkan susu sapi mencapai 3,2 persen. Susu kuda juga punya rasa yang gurih karena kandungan gulanya lebih tinggi mencapai 6,8 persen dibanding susu sapi 4,6 persen.

Dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori, yang lebih sedikit ketimbang susu sapi yang sebesar 64 kalori sehingga membuat orang yang minum susu kuda tidak cepat gemuk.

"Secara garis besar susu kuda liar hampir sama dengan susu dari hewan lainnya, hanya ada beda-beda sedikit tergantung dari dimana hewan tersebut hidup," ujar dr Samuel saat dihubungi detikHealth, Selasa (26/4/2011).

dr Samuel menuturkan susu kuda liar sama dengan susu dari hewan lainnya seperti sapi dan kambing yang mengandung protein, karbohidrat, laktosa, lemak, kalsium dan mineral seperti kalium dan magnesium.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit