detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Ini Penyebab Suara Serak dan Hilang

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 13/05/2011 13:04 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Suara yang serak atau hilang tentu akan mengganggu aktivitas seseorang terutama dalam hal komunikasi. Sebenarnya apa saja yang bisa membuat suara seseorang menjadi serak atau hilang?

Suara yang dihasilkan oleh seseorang berasal dari pita suara bergetar yang terdapat di dalam kotak suara (laring). Meski begitu suara yang serak atau hilang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini faktor yang bisa menyebabkan suara serak dan hilang seperti dikutip dari ent.about.com, Jumat (13/5/2011) yaitu:

Laringitis akut
Kondisi ini umumnya disebabkan oleh virus seperti flu dan jarang akibat infeksi bakteri, karena itu biasanya tidak akan merespons jika diberi antibiotik. Ketika pita suara terinfeksi oleh virus, maka ia akan membengkak dan menyebabkan hilangnya suara atau menjadi serak.

Laringitis kronis
Kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa minggu atau bulan. Beberapa hal bisa mendasari kondisi ini yang biasanya akibat paparan dari iritan (zat yang bisa mengiritasi) seperti tekanan yang terus menerus pada pita suara, sinusitis kronis, infeksi ragi (akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah) serta terpapar asap atau gas yang mengandung zat kimia.

Merokok dan konsumsi alkohol
Zat kimia yang terkandung di dalam rokok dan alkohol bisa menyebabkan suara menjadi serak, terutama jika sudah berlangsung dalam jangka waktu lama. Namun jika suara serak yang terjadi sudah lebih dari 3 minggu sebaiknya konsultasikan ke dokter, karena rokok dan alkohol bisa meningkatkan risiko kanker kerongkongan.

Akibat asam yang berbalik ke kerongkongan (acid reflux)
Ketika tidur berbaring di malam hari, asam dari perut bisa berbalik ke kerongkongan sehingga mempengaruhi atau mengiritasi pita suara. Jika jumlah asam di perut terlalu berlebihan sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menguranginya.

Menggunakan suara secara berlebihan
Kondisi ini paling sering terjadi pada orang yang pekerjaannya selalu berbicara dan penyanyi. Menyalahgunakan suara secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan pada pita suara seperti menyebabkan kista atau perdarahan. Biasanya terjadi jika sering berbicara dengan keras, teriak atau terlalu banyak berbicara.

Untuk mengatasi suara serak atau hilang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Mengistirahatkan suara dengan cara berbisik atau tidak berbicara
  2. Mengonsumsi banyak cairan dan istirahat
  3. Mengevaluasi apakah memiliki infeksi jamur atau tidak, khususnya pada orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah atau menggunakan inhaler kortikosteroid untuk asma
  4. Mengatasi jumlah asam berlebih di perut jika akibat acid reflux
  5. Belajar teknik bernapas, berbicara dan bernyanyi yang tepat
  6. Menghindari rokok, asap rokok dan alkohol
  7. Mengurangi kontak atau paparan iritasi seperti debu atau uap dari zat kimia.
 

(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit