detikhealth

Kepala Cenut-cenut Bisa Diredakan dari Makanan Ini

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 18/05/2011 07:38 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Ada beberapa makanan yang bisa memicu munculnya sakit kepala alias cenut-cenut, tapi ada pula makanan yang bisa meredakan sakit kepala. Apa saja?

Lebih dari 100 juta orang menderita berbagai jenis sakit kepala kronis. Ada berbagai jenis penyebab mengapa orang mengalami sakit kepala, seperti stres, sakit dan alergi.

Berikut beberapa makanan yang bisa membantu meredakan sakit kepala, seperti dilansir Livestrong, Rabu (18/5/2011):

1. Kentang
Sakit kepala tidak hanya disebabkan karena dehidrasi tetapi juga karena hilangnya elektrolit seperti kalium. Makan makanan kaya kalium dapat membantu meringankan sakit kepala seperti dengan mengganti kehilangan kalium. Kentang mengandung banyak kalium, yaitu 100 mg kentang panggang (dengan kulit) dapat berisi hingga 600 mg kalium.

2. Pisang
Pisang juga tinggi kalium. Pisang sedang mengandung 467 mg kalium, tetapi juga tinggi magnesium (pisang sedang mengandung 10 persen dari asupan yang direkomendasikan).

3. Semangka
Dehidrasi adalah penyebab umum sakit kepala. Pertimbangkan untuk minum lebih banyak air atau makan banyak makanan yang kaya air (seperti semangka) untuk mencegah sakit kepala.

4. Ikan
Ikan berlemak (seperti salmon, tuna dan mackerel) bertindak sebagai obat untuk sakit kepala migrain karena kaya akan asam lemak esensial, omega-3. Asam lemak omega 3 dapat menghambat peradangan yang sering memicu migrain.

5. Jahe
Selain sebagai obat untuk mual, inflamasi dan anti-histamin (obat alergi) jahe juga dapat bermanfaat dalam memerangi sakit kepala. Hal ini dapat dimasak atau dikombinasikan dengan minuman yang berbeda dan minuman seperti teh.

(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close