detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler
Konsultasi Bedah
Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.

Kenapa Perut Kanan Bawah Sering Sakit?

Jumat, 20/05/2011 11:51 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, kenapa perut kanan bagian bawah saya sering sakit. Apa benar itu karena usus buntu. Apa yang harus saya lakukan agar tidak terkena usus buntu? Trimakasih.

Setyowati (Perempuan Lajang, 22 Tahun), gidagus@yahoo.com
Tinggi Badan 161 Cm dan Berat Badan 54 Kg

Jawaban

Radang usus buntu (appendisitis) umumnya disebabkan adanya sumbatan pada pangkal usus buntu oleh berbagai sebab antara lain radang atau infeksi, adanya kotoran atau makanan yang masuk kedalam usus buntu, atau tumor yang lokasinya berada pada pangkal usus buntu yang lalu membuat sumbatan pada usus buntu.

Akibat sumbatan tersebut, usus buntu akan melebar, tegang dan dindingnya menipis sehingga menimbulkan rasa nyeri, demam mual dan muntah. Apabila hal ini berlangsung terus tanpa segera dilakukan operasi maka akan terjadi kebocoran dari dinding usus buntu tersebut karena semakin tipis.

Untuk mencegahnya, tidak ada cara yang benar-benar ampuh, hanya saja upaya yang dapat disarankan adalah hindari makanan atau minuman yang merangsang peningkatan gerakan (peristaltik) usus sehingga akan mendorong makanan masuk kedalam usus buntu. Makanan-makanan tersebut antara lain makanan pedas, makanan yang mengandung merica, asam berlebihan, pengawet dan pewarna.

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD
Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.


(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit