detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG adalah Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 19 November 2009 hingga 22 Juni 2012)

Apakah Bayi Sakit Jika Rhesus Darah Istri Beda dengan Suami?

Kamis, 26/05/2011 13:03 WIB
(Foto: thinkstock)
Dokter, apakah jika istri punya golongan darah O (+) sedangkan suami golongan darahnya O (-) nantinya bisa memiliki keturunan beda rhesus? Apakah bayinya akan sakit? Terimakasih.

Sanny (Perempuan Menikah, 33 Tahun), sanny_feng@yahoo.com
Tinggi Badan 160 Cm dan Berat Badan 55 Kg

Jawaban

Bila istri memiliki golongan darah Rhesus positif dan suami negatif maka itu tidak akan menimbulkan masalah. Sebaliknya bila istri Rhesus negatif dan suami Rhesus positif maka perlu dilakukan pemeriksaan darah yang dinamakan Coomb test dalam kehamilan. Di samping itu, perlu diberikan suntikan khusus dalam kehamilan dan setelah melahirkan untuk mencegah timbulnya antibodi yang bisa berbahaya untuk kehamilan selanjutnya.

Rh (+) sebagian besar dimiliki orang Afrika dan Asia dan Rh (-) dominan pada orang di Amerika dan Eropa. Masalah akan timbul jika ibu hamil memiliki Rh (-) dan ayah Rh (+) yang kemungkinan bayi akan memiliki darah dengan Rh (+) atau Rh (-). Bila bayi mewarisi Rh (+) yang berbeda dengan Rh ibunya, akan terjadi ketidakcocokan Rh bayi dengan ibu atau yang disebut erythoblastosis foetalis.

Perbedaan Rh antara ibu dengan bayi membuat tubuh ibu memproduksi antirhesus untuk melindungi tubuh ibu sekaligus menyerang calon bayi. Antirhesus yang diproduksi ibu akan menyerang si calon bayi lalu akan menghancurkan sel-sel darah merah calon bayi. Kerusakan sel darah merah bisa memicu kerusakan otak, bayi kuning, gagal jantung, dan anemia dalam kandungan maupun setelah lahir.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG
Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit