detikhealth
Konsultasi Kandungan
DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG adalah Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 19 November 2009 hingga 22 Juni 2012)

Bahayakah Daging Tumbuh di Miss V?

Selasa, 21/06/2011 11:42 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, saya mengidap virus HPV (Human PappilomaVirus) 11 karena pada vagina saya tumbuh daging seperti jengger ayam. Apakah penyakit ini berbahaya sekali seperti kanker serviks? Apakah bisa sembuh dan bila saya berobat biayanya mahal tidak ya Dok? Terimakasih.

Feny DR (Perempuan Lajang, 20 Tahun), fenoul_nove@yahoo.com
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 47 Kg

Jawaban

Daging tumbuh pada daerah vagina yang berbentuk seperti jengger ayam disebut kutil. Kutil biasanya disebabkan virus HPV tipe 6 atau 11. Virus HPV tipe 6 atau 11 tidak menyebabkan kanker serviks. Kanker serviks paling sering disebabkan oleh virus HPV tipe 16 dan 18.

Infeksi HPV pada umumnya bisa sembuh sendiri. Bila ternyata kutil bertambah banyak atau telah mengganggu misalnya akibat timbulnya keputihan dan rasa gatal yang hebat di daerah kemaluan, maka perlu ditangani. Penanganan bisa berupa obat oles atau operasi kecil yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan. Biaya penanganan ini relatif tidak mahal.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG
Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit