detikhealth

Sakit Kepala Hebat dan Sering Mimisan Itu Pertanda Apa?

Senin, 11/07/2011 10:55 WIB
Sakit Kepala Hebat dan Sering Mimisan Itu Pertanda Apa?(Foto: thinkstock)
Dok, pacar saya usianya 22 tahun dan 2 tahun yang lalu dia pernah sakit saraf, sudah berobat terus berobat jalan, sekarang cuma nebus obat saja. Sampai sekarang dia sering mimisan, kadang muntah darah, kepala sering sakit katanya ubun-ubunnya terasa mau pecah, sakit perut (mual), rambutnya kadang sering rontok.

Kemarin dada sebelah kanan di bawah payudara sedikit bengkak dan sakit tapi sudah sembuh. Matanya rabun, sampai sekarang kadang-kadang masih sering mimisan dan sakit kepala. Yang saya tanyakan gejala-gejala sakit apa ya? Saya mau ajak dia berobat tapi belum ada biaya. Sempat sih saya lihat di google gejala-gejala seperti penyakit kanker otak. Apakah benar dok pacar saya itu mengindap penyakit tersebut? Mohon penjelasannya. Apa penyakit kanker otak bisa disembuhkan dok? Terimakasih.

Achmad Jumali (Pria Lajang, 30 Tahun), achmad.jumaliXXX@gmail.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 65 kg

Jawaban

Mimisan yang parah dan terlalu sering harus diwaspadai. Beberapa penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, penggumpalan darah, stroke dan kanker sering ditandai dengan gejala perdarahan pada hidung. Jenis kanker yang bisa memicu mimisan parah adalah kanker Nasopharynx Carcinoma (NPC) yang menyebabkan ingus yang keluar selalu mengandung bercak darah.

Sedangkan muntah darah bisa disebabkan oleh menelan darah saat mimisan atau batuk akut, atau benar-benar muntah darah. Penyebab muntah darah dari dalam perut antara lain usus kecil, tukak lambung, atau pembuluh darah yang robek.

Yang perlu dilakukan untuk memastikan benar penyakit yang diderita saat ini adalah melakukan CT-Scan ataupun MRI untuk hasil lebih jelas. Dugaan tumor otak juga gejalanya beragam, karenanya diperlukan pemeriksaan dokter untuk memperkuat diagnosa.

Sedangkan sakit kepala yang amat sangat juga perlu diagnosa pasti untuk menentukannya. Apakah sakit kepala itu muncul akibat stres, migrain, sinusitis atau tumor.

Jika memang ada tumor, ada beberapa sinyal peringatan yang bisa mengetahui apakah sakit kepala yang dialami merupakan gejala tumor otak atau bukan, yaitu:
1. Sakit kepala yang dialami merupakan hal baru, jika sebelumnya tidak pernah merasakan sakit kepala atau sakit yang dialami berbeda dari biasanya maka kondisi ini bisa menjadi tanda peringatan.
2. Sakit kepala yang muncul disertai dengan gejala lain, pasien tumor otak biasanya memiliki gejala lain selain sakit kepala seperi mual, pusing, muntah, hilang kesadaran atau tiba-tiba pingsan, kejang, kesulitan bicara, kelemahan pada tungkai atau masalah dengan penglihatan tepi.
3. Sakit kepala diawali ketika bangun di pagi hari, biasanya sakit kepala mulai di pagi hari yang seringkali disertai dengan mual dan muntah. Sedangkan sakit kepala yang dialami di pagi hari lalu semakin parah sepanjang hari biasanya bukan akibat tumor otak melainkan karena tekanan sehari-hari.
4. Sakit kepala yang semakin memburuk, sakit kepala yang muncul semakin lama semakin sering selama periode hari, minggu atau bulan.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong
Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di RS Awal Bros, Jln MH Thamrin No.3 - Kebon Nanas Cikokol Tangerang, Phone: 021-99933380 , 021-92088881, 0818197758 atau cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222.


(ir/ir)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit