detikhealth

Apa Penyebab Benjolan di Seputar Kemaluan?

Rabu, 13/07/2011 10:16 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, sejak SMP saya menemukan benjolan di sebelah kanan dan kiri dekat vagina. Lebih tepatnya di lipatan paha antara paha dengan kelamin tapi bukan di selangkangan. Benjolan baru terasa jika diraba dan besar benjolan itu sebesar kelereng. Ukuran benjolan yang sebelah kanan lebih kecil dari kelereng dan jumlahnya ada 2. Jika saya kecapekan akan terasa pegal. Apakah itu merupakan gejala kanker getah bening? Terimakasih.

Pratitia (Perempuan Lajang, 18 Tahun), tixxxx@yahoo.com
Tinggi Badan 153 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Benjolan di tubuh biasanya disebabkan oleh 2 kemungkinan. Pertama, adanya infeksi di kelenjar getah bening tersebut. Kedua, adanya tumor.

Kasus benjolan yang ada di seputaran vagina biasanya berupa Kista Bartholin yakni kelenjar yang terdapat pada bagian bawah introitus vagina. Namun bisa juga pembengkakan di bibir vagina bukan diakibatkan oleh kista Bartolini melainkan penyakit yang lain.

Maka itu disarankan untuk melakukan Biopsy agar lebih jelas dan akurat mengenani penyakit dan cara penanganannya.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong
Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di RS Awal Bros, Jln MH Thamrin No.3 - Kebon Nanas Cikokol Tangerang, Phone: 021-99933380 , 021-92088881, 0818197758 atau cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222.




(mer/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit