detikhealth

Tanda-tanda Otak Mengalami Pembengkakan

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 18/07/2011 15:03 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Otak merupakan salah satu organ vital yang mengatur hampir seluruh aktivitas dari organ yang ada di tubuh. Tapi beberapa hal diketahui bisa membuat otak jadi membengkak. Apa saja tanda-tanda otak bengkak?

"Otak yang membengkak bisa disebabkan oleh faktor-faktor diluar otak maupun dari otak itu sendiri," ujar Dr Wismaji Sadewo disela-sela acara promosi doktornya dengan disertasi berjudul Petanda Stres Oksidatif Pada Peningkatan Tekanan Intra Kranial di ruang Sena Pratista FKUI, Senin (18/7/2011).

Dr Wismaji menuturkan penyebab dari otak yang membengkak bisa karena kekurangan oksigen dan darah yang mengalir ke otak atau bisa juga karena faktor otak itu sendiri misalnya otak yang mengalami memar akibat cedera atau trauma.

Aliran darah dan oksigen yang terhambat bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

  1. Adanya tumor
  2. Kelainan pembuluh darah
  3. Gangguan aliran cairan otak
  4. Cedera akibat kecelakaan

Asupan oksigen dan darah yang kurang ini mengakibatkan peningkatan tekanan intra kranial yang jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan hipoksia akut dan berakibat gangguan seluruh sistem seluler.

"Hipoksia murni juga bisa terjadi akibat keracunan gas CO di dalam otak yang membuat otak membengkak," ujar dokter yang lulus dari program dokter spesialis bedah saraf FKUI pada tahun 2005.

Dr Wismaji menuturkan gejala yang timbul dari pembengkakan otak ini adalah:Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit