detikhealth

Selisih Berat Badan Pengaruhi Kebahagiaan Suami Istri

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 19/07/2011 09:36 WIB
foto: Thinkstock
Knoxville, Tennessee, Kebahagiaan hidup berumah tangga tidak hanya ditentukan oleh cinta, tetapi juga berat badan atau lebih tepatnya indeks massa tubuh. Menurut penelitian, pasangan akan lebih bahagia jika suaminya tidak lebih kurus dibandingkan sang istri.

Baru-baru ini, para ahli dari University of Tennessee melakukan pengamatan terhadap Indeks Massa Tubuh (IMT) pada 169 pasangan baru menikah. Hasilnya dibandingkan dengan kebahagiaan hidup berumah tangga yang diamati selama kurun waktu 4 tahun berikutnya.

Setelah dianalisis dengan metode tertentu, para ahli menyimpulkan bahwa pasangan cenderung lebih bahagia jika suaminya memiliki IMT lebih besar dari sang istri. Mudahnya, kebahagiaan lebih mudah tercipta ketika laki-laki gemuk menikah dengan perempuan yang lebih kurus.

Kebahagiaan itu tidak hanya dirasakan pihak laki-laki, tetapi oleh kedua pihak yakni suami istri. Suami cenderung lebih terpuaskan jika punya istri yang lebih kurus, demikian juga secara psikologis istri lebih senang jika tidak lebih gemuk dibandingkan suaminya.

"Bagi suami, perbedaan IMT lebih memberikan kepuasan di awal-awal pernikahan sementara bagi istri efeknya lebih dirasakan dalam jangka panjang," tulis para peneliti dalam jurnal Social Psychological and Personality Science, seperti dikutip dari Foxnews, Selasa (19/7/2011).

Para peneliti menambahkan, suami istri yang memiliki perbedaan IMT seperti ini cenderung lebih mampu mengontrol depresi dan berbagai permasalahan rumah tangga sehingga lebih jarang berakhir dengan perceraian. Selain itu, kemampuan untuk mengatur keuangan juga lebih baik.

Meski begitu para peneliti menegaskan bahwa perempuan tidak harus kurus untuk bisa bahagia, demikian juga para suami sama sekali tidak harus gemuk. IMT bukan hanya masalah berat badan, tetapi juga dilihat perbandingannya dengan tinggi badan.

Baik untuk suami maupun istri, perbandingan berat dan tinggi badan yang dinyatakan dengan IMT tetap harus dijaga agar berada dalam rentang ideal jika ingin dua-duanya sehat. IMT dikatakan normal jika berkisar antara 18-25, sedangkan jika lebih dari 30 maka bisa dikategorikan obesitas.

(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit