detikhealth

Cara Diet untuk Penderita Gagal Ginjal Kronis

Adelia Ratnadita SKG - detikHealth
Selasa, 02/08/2011 16:09 WIB
Cara Diet untuk Penderita Gagal Ginjal Kronis(Foto: thinkstock)
Jakarta, Pasien gagal ginjal harus benar-benar memperhatikan makanannya, karena ginjal yang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Lalu bagaimana cara diet yang baik untuk penderita gagal ginjal?

Pada penderita Chronic Kidney Disease (CKD atau penyakit gagal ginjal kronis), ginjal terus bekerja tapi tidak seperti seharusnya karena sudah mengalami penurunan fungsi. Fungsi ginjal menurun sedangkan limbah terus terbentuk sehingga limbah dapat berada dalam darah.

Hal ini memerlukan pola diet yang khusus agar limbah dari makanan yang dikonsumsi tidak terus menumpuk dan memperburuk fungsi ginjal.

Penderita CKD dapat mengalami kenaikan garam yang mengandung fosfor dan kalium sampai level yang tidak aman, sehingga dapat menyebabkan gangguan jantung dan tulang.

Anemia (rendahnya jumlah sel darah merah) juga bisa terjadi pada penderita gagal ginjal. Anemia disebabkan karena ginjal berhenti membuat eritropoietin dalam jumlah yang cukup. Eritropoietin merupakan hormon yang menyebabkan sumsum tulang untuk membuat sel darah merah.

Setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun, CKD dapat berkembang menjadi gagal ginjal permanen. Pada kondisi gagal ginjal permanen, penderita membutuhkan seorang donor untuk transplantasi ginjal atau penyaringan darah rutin yang biasa disebut dengan dialisis.

Gizi sangat penting bagi penderita penyakit ginjal kronis (CKD). Mengontrol gula darah dan tekanan darah melalui pilihan makanan sehat merupakan langkah penting untuk memperlambat atau menghentikan perkembangan CKD.

Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah dua penyebab utama CKD di Amerika Serikat. Kebiasaan seseorang makan dapat meningkatkan atau mengurangi risiko diabetes dan tekanan darah.

Tips diet untuk mencegah berkembangnya CKD, antara lain seperti dilansir dari Epharmapedia, Selasa (2/8/2011):
 
1. Bagi yang memiliki penyakit diabetes tipe 1 maupun tipe 2
Orang yang memiliki penyakit diabetes tipe 1 maupun tipe 2 harus memilih makanan dengan hati-hati untuk mengontrol kadar gula darah. Mengatur pola makan untuk menjaga kadar gula darah dalam nilai yang normal dapat mencegah berkembangnya CKD.

2. Mengontrol tekanan darah
Mengontrol tekanan darah dengan pilihan makanan sehat dan aktivitas fisik yang rutin dapat menunda atau mencegah perkembangan CKD. Penderita CKD harus mencoba untuk menjaga tekanan darah mereka di bawah 130/80 mmHg.

3. Medical nutrition therapy (MNT)
Medical nutrition therapy (MNT) dengan menggunakan konseling oleh seorang ahli diet untuk membantu memperoleh tujuan medis atau kesehatan.

4. Menggunakan jasa ahli diet yang handal untuk mengatur pola makan dapat membantu penderita CKD.

5. Belajar cara membaca dan memahami hasil laboratorium
Belajar cara membaca dan memahami hasil laboratorium memungkinkan seseorang melihat bagaimana makanan yang berbeda dapat mempengaruhi ginjal. Pasien dapat meminta dokter untuk memberikan salinan laporan laboratorium dan meminta dokter agar menjelaskan, dan mencatat hasil diluar kisaran normal.




(ir/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit