Konsultasi Kedokteran Olahraga
Dr. Andri Wanananda MS

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

Apa Obat untuk Wanita Frigid?

Senin, 08/08/2011 15:33 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, bagaimana mengatasi dan membangkitkan libido wanita frigid. Adakah obat untuknya? Terimakasih.

Pandu (Pria Menikah, 38 Tahun), oediks.pXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 185 Cm dan Berat Badan 80 Kg

Jawaban

Frigidity (Sexual Arousal Disorder) adalah terhambatnya atau berkurangnya reaksi seksual terhadap rangsangan seksual yang diterima. Manifestasinya dapat berupa tiadanya atau terhambatnya lubrikasi (perlendiran) vagina, tiadanya ereksi klitoris (klentit) dan tidak terjadinya reaksi pada labia vagina.

Wanita yang tidak ada minat seksual, gairah dan respons untuk berhubungan seksual atau biasa disebut dengan frigiditas merupakan hal yang sangat mengganggu kehidupan seksual suami istri.

Gangguan ini bisa mengakibatkan Dispareunia (nyeri ketika hubungan intim) dan Disfungsi-Orgasme (tidak bisa orgasme) pada si wanita. (Pangkahila W, 1999; Berman J, 2001). Penyebabnya bisa karena faktor psikis & faktor fisik.

Terkadang memang dilakukan terapi pengganti estrogen, Sildenafil dan L-Arginine (relaksan otot). Tapi untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan komprehensif (menyeluruh) yang meliputi wawancara psikologis, pemeriksaan jasmani dan tes laboratorium antara lain kadar hormon wanita. Dianjurkan Anda membujuk isteri Anda untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Urologi atau Dokter Spesialis Obstetri - Ginekologi sehingga bisa dilakukan terapi yang tepat.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.


(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit