Seberapa Cepat Air Klorin di Kolam Renang Masuk ke Tubuh?

Adelia Ratnadita SKG - detikHealth
Selasa, 09/08/2011 08:52 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Kolam renang biasanya menggunakan desinfektan berbasis klorin yang berfungsi untuk menonaktifkan berbagai bakteri patogen yang ada di dalam air. Kandungan klorin ini juga bisa ikut masuk ke dalam tubuh saat orang berenang.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan klorin masuk ke tubuh saat berenang?

Hasil tes menunjukkan urine seseorang mengandung HAAs (haloacetic acids) setelah berenang di kolam yang telah diklorinasi. Sebuah penelitian menunjukkan, klorin dalam bentuk HAAs dapat terdeteksi dalam urine perenang dalam waktu 30 menit berenang.

HAA dapat dihasilkan ketika disinfektan seperti klorin bereaksi dengan kotoran dalam air. Studi baru ini dipublikasikan dalam Environmental Science & Technology seperti dikutip dari WebMD, Selasa (9/8/2011).

The Environmental Protection Agency membatasi level HAA dalam air minum, karena level tinggi dari zat ini dapat dihubungkan dengan cacat lahir dan kanker. Klor digunakan dalam air minum dan air kolam renang untuk membunuh bakteri berbahaya.

Peneliti menguji urine dari 49 partisipan yang berenang di kolam atau bekerja di sekitar kolam renang indoor dan outdoor. Penelitian meliputi orang dewasa dan anak-anak. Para peneliti menemukan bahwa HAAs muncul dalam urine 20-30 menit setelah berenang dan dapat dieliminasi (dikeluarkan) dari tubuh dalam waktu 3 jam.

Bagaimana klorin masuk ke tubuh?Next

Halaman 1 2 3
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit