detikhealth

Captopril, Obat Andalan untuk Hipertensi

Adelia Ratnadita SKG - detikHealth
Kamis, 11/08/2011 09:17 WIB
Halaman 1 dari 2
Captopril (dok: WebMD)
Jakarta, Deskripsi
Captopril merupakan obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi), dapat digunakan sendiri atau bersama dengan obat-obatan lain. Tekanan darah tinggi menambah beban kerja jantung dan arteri.

Jika berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan fungsi jantung dan arteri menurun. Sehingga dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah otak, jantung, dan ginjal yang dapat mengakibatkan terjadinya stroke, gagal jantung, atau ginjal. Hipertensi juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Hal-hal tersebut dapat dihindari ketika hipertensi dapat terkontrol dengan baik.

Captopril bekerja dengan menghambat enzim dalam tubuh yang menghasilkan zat yang menyebabkan pembuluh darah mengencang, sehingga dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan pasokan darah dan oksigen ke jantung.

Captopril juga digunakan pada beberapa pasien setelah serangan jantung. Setelah serangan jantung, beberapa otot jantung rusak dan melemah. Otot jantung dapat terus melemah seiring berjalannya waktu. Hal ini membuat lebih sulit bagi jantung untuk memompa darah. Captopril dapat dimulai dalam beberapa hari pertama setelah serangan jantung.

Selain itu, kaptopril digunakan untuk mengobati gagal jantung kongestif atau dapat digunakan untuk kondisi lain seperti yang ditentukan oleh dokter. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter.

Komposisi
Tiap tablet mengandung Captopril 25 mg atau 50 mg

IndikasiNext

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit