detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jakarta dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jakarta Barat.

Kenapa Batu Empedu Harus Dioperasi?

Jumat, 12/08/2011 10:18 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, saat ini saya dinyatakan ada batu di empedu dan harus dioperasi, apa efeknya bila tidak dioperasi? Karena saat ini saya merasa sehat-sehat saja dan adakah obat-obatan yang dapat mengeluarkannya selain dioperasi? Serta makanan dan minuman apa yang harus saya hindari? Terimakasih.

Ray, (Pria Menikah, 32 Tahun) sapXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 167 Cm dan Berat Badan 67 Kg

Jawaban

Walaupun belum ada gejalanya, jika terdapat batu di kantung empedu sebaiknya dipertimbangkan untuk operasi. Gejala batu kantung empedu hampir serupa dengan sakit lambung/maag/gastritis.

Batu kantung empedu bisa menyebabkan infeksi kantung empedu yang berulang. Bergeraknya batu misalnya dapat menyebabkan sakit perut yang hebat (kolik) ataupun menyumbatnya batu pada saluran empedu usus juga dapat menyebabkan sakit kuning. Seringkali hal ini dapat menimbulkan radang pankreas (pancreatitis). Jika batu masih ada selama bertahun-tahun, kantung empedu berpotensi menjadi kanker walaupun frekuensinya masih rendah.

Anda dapat mencoba obat-obatan selama kira-kira satu bulan. Jika tidak ada perubahan besarnya batu dengan perbandingan pemeriksaan USG sebaiknya operasi dengan laparoskopi (bedah invasif minimal) dapat dipertimbangkan. Selama itu hindari makanan berlemak karena fungsi zat empedu adalah mencerna lemak.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD
Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon, Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH (Lantai 1) Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525 Ext 1314/1251 dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.


(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit