Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Michael Setyawan SpS

Dr. Michael Setyawan SpS, adalah dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Kenapa Pundak Selalu Kaku dan Tegang?

Kamis, 25/08/2011 15:47 WIB
foto: Thinkstock
Dok, kenapa ya pundak saya terasa kaku, pegal-pegal dan terasa sakit kalau saya melihat ke kiri atau ke kanan dan ke atas ke bawah dan terasa tegang? Mohon penjelasannya dok. Terimakasih.

Novmeri (Pria Menikah, 33 Tahun), nov_hpu@yahoo.co.id
Tinggi Badan 164 Cm dan Berat Badan 61 Kg

Jawaban

Nyeri pada daerah leher dan pundak dapat disebabkan oleh gangguan tulang leher (vertebra cervical). Spasme otot pada daerah leher dapat menjalar ke kepala, wajah, dagu, pundak dan lengan. Spasme memberikan gejala tegang yang berulang atau terus-menerus pada jaringan otot. Selain nyeri, spasme otot yang hebat dapat memberikan gejala kesemutan atau baal.

Penatalaksanaan non farmakologis dapat dengan peregangan otot (stretching), kompres dingin atau panas, serta fisioterapi. Pengobatan biasanya dengan menggunakan obat anti inflamasi non steroid dan golongan muscle relaxant. Pencegahan dapat dengan mempertahankan postur yang baik, menghindari stres serta berolahraga teratur.

Dr. Michael Setyawan SpS
Dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit