detikhealth

Tips Menaikkan Berat Badan untuk si Kurus

Adelia Ratnadita - detikHealth
Kamis, 25/08/2011 16:20 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Menaikkan berat badan pada beberapa orang mungkin dapat sesulit menurunkan berat badan pada orang obesitas. Badan yang kurus kadang dinilai lebih sehat jika dibandingkan badan yang obesitas.

Namun, kekurangan berat badan yang parah cukup mengkhawatirkan jika itu merupakan akibat dari gizi buruk atau kondisi medis, atau memiliki masalah kesehatan lainnya.

Apabila badan terlalu kurus, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi. Dengan berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi, akan dapat membantu menaikkan berat badan dengan cara yang sehat.

Seperti dikutip dari MayoClinic, Kamis (25/8/2011), berikut adalah beberapa cara sehat untuk menaikkan berat badan bagi seseorang dengan berat badan kurang:

1. Makan lebih sering
Bila badan kurus, seseorang mungkin akan merasa lebih cepat kenyang. Makan 5-6 porsi kecil sepanjang hari lebih baik daripada 2-3 kali dengan porsi makan besar.

2. Pilih makanan yang kaya gizi
Sebagai bagian dari diet (mengatur pola makan) sehat secara keseluruhan, maka pilihlah makanan yang bergizi tinggi. Pilihan makanan dengan gizi tinggi, antara lain roti gandum, pasta, sereal, buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, sumber protein rendah lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Mengonsumsi minuman smoothies dan shakes
Jangan mengonsumsi soda, kopi, dan minuman lainnya yang mengandung sedikit kalori dan nilai gizinya rendah. Sebaliknya, minum smoothie atau shakes lebih sehat, apalagi yang dibuat dengan susu rendah lemak dan jus segar.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit