detikhealth

Perubahan Pada Kulit Selama Kehamilan

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 26/08/2011 14:32 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Saat hamil seseorang pasti mengalami perubahan di dalam tubuhnya, termasuk pada kulit. Perubahan apa saja yang terjadi pada kulit ibu hamil?

Ibu hamil mengalami fluktuasi hormon yang bisa mempengaruhi penampilan seseorang termasuk pada kulit dan umumnya akan hilang setelah bayi yang dikandung lahir. Meski pada beberapa kasus perubahan kulit tersebut masih terjadi.

Berikut ini perubahan kulit yang terjadi ketika seseorang sedang hamil, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (26/8/2011) yaitu:

1. Bercak-bercak pada kulit wajah
Produksi hormon yang berlebihan akan mengakibatkan pigmentasi meningkat yang memicu munculnya titik-titik atau bercak coklat di kulit wajah terutama pada dahi, bercak ini dikenal sebagai melasma dan chlosma. Salah satu cara mencegahnya adalah menghindari sinar matahari yang berlebihan.

2. Jerawat
Jika diketahui memiliki kulit yang rentan jerawat, maka perlu penanganan ekstra selama hamil. Kelebihan hormon akan mengaktifkan kelenjar untuk menghasilkan minyak lebih banyak sehingga memicu munculnya jerawat. Untuk itu rajin-rajinlah mencuci muka dan menjaga kulit agar tetap bersih.

3. Pembuluh darah menonjol
Saat hamil pembuluh darah kecil akan lebih menonjol di sekitar daerah wajah dan dada bagian atas, tapi akan hilang setelah kehamilan selesai atau disebut dengan spider veins.

4. Linea nigra
Selama bulan keempat atau kelima kehamilan, maka akan muncul garis gelap dari pusar menuju tulang kemaluan, kondisi ini disebut dengan linea nigra. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormonal, dan tidak ada yang perlu dilakukan untuk mencegahnya.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit