detikhealth

Perubahan Pada Kulit Selama Kehamilan

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 26/08/2011 14:32 WIB
Perubahan Pada Kulit Selama Kehamilan(Foto: thinkstock)
Jakarta, Saat hamil seseorang pasti mengalami perubahan di dalam tubuhnya, termasuk pada kulit. Perubahan apa saja yang terjadi pada kulit ibu hamil?

Ibu hamil mengalami fluktuasi hormon yang bisa mempengaruhi penampilan seseorang termasuk pada kulit dan umumnya akan hilang setelah bayi yang dikandung lahir. Meski pada beberapa kasus perubahan kulit tersebut masih terjadi.

Berikut ini perubahan kulit yang terjadi ketika seseorang sedang hamil, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (26/8/2011) yaitu:

1. Bercak-bercak pada kulit wajah
Produksi hormon yang berlebihan akan mengakibatkan pigmentasi meningkat yang memicu munculnya titik-titik atau bercak coklat di kulit wajah terutama pada dahi, bercak ini dikenal sebagai melasma dan chlosma. Salah satu cara mencegahnya adalah menghindari sinar matahari yang berlebihan.

2. Jerawat
Jika diketahui memiliki kulit yang rentan jerawat, maka perlu penanganan ekstra selama hamil. Kelebihan hormon akan mengaktifkan kelenjar untuk menghasilkan minyak lebih banyak sehingga memicu munculnya jerawat. Untuk itu rajin-rajinlah mencuci muka dan menjaga kulit agar tetap bersih.

3. Pembuluh darah menonjol
Saat hamil pembuluh darah kecil akan lebih menonjol di sekitar daerah wajah dan dada bagian atas, tapi akan hilang setelah kehamilan selesai atau disebut dengan spider veins.

4. Linea nigra
Selama bulan keempat atau kelima kehamilan, maka akan muncul garis gelap dari pusar menuju tulang kemaluan, kondisi ini disebut dengan linea nigra. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormonal, dan tidak ada yang perlu dilakukan untuk mencegahnya.

5. Stretch marks
Ini adalah sesuatu yang kebanyakan perempuan tidak bisa hindari selama hamil. Umumnya akan terlihat jelas garis-garis kemerahan di perut. Para ahli merekomendasikan untuk melakukan latihan dan menggunakan lotion khusus.

6. Pregnancy glow
Hal ini terjadi karena sirkulasi darah meningkat dalam tubuh sehingga berdampak pada kulit wajah menjadi lebih bercahaya (glow).

7. Kulit gatal
Kondisi ini biasanya terbatas pada daerah perut, karena perut jadi lebih kencang dan meregang seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Pada kondisi tertentu gatal bisa menyebar ke daerah lengan dan kaki atau dikenal sebagai pruritic urticarial papules.

8. Varises
Saat hamil akan muncul urat biru (varises) di kaki yang terjadi karena tubuh menyesuaikan diri dalam membawa lebih banyak aliran darah untuk bayi. Intensitas nyeri yang muncul bisa dikurangi dengan tidak berdiri dalam jangka waktu lama, berjalan sebanyak mungkin dan menggunakan stocking.

(ver/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit