detikhealth

Penyebab Payudara Membesar Tiba-tiba

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 05/09/2011 19:01 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Memiliki payudara besar sering menjadi impian bagi banyak wanita. Tapi apa jadinya bila payudara membesar secara tiba-tiba. Ada beberapa alasan medis yang menyebabkan payudara membesar tiba-tiba. Apa saja?

Payudara membesar tiba-tiba lebih sering terjadi pada wanita, meski pria pun bisa mengalaminya. Kadang-kadang, pembesaran yang tiba-tiba hanya akibat pertumbuhan jaringan payudara yang cepat. Namun kondisi ini juga bisa disebabkan karena masalah medis yang membutuhkan perhatian khusus.

Memahami penyebab pertumbuhan payudara yang tiba-tiba akan memungkinkan Anda untuk mengambil langkah yang tepat. Berikut beberapa kondisi yang bisa membuat payudara membesar tiba-tiba, seperti dilansir Livestrong, Senin (5/9/2011):

1. Kehamilan
Kehamilan adalah salah satu alasan untuk pertumbuhan payudara yang mendadak. Payudara dapat tumbuh sampai ukuran 1 cup (bra) penuh selama beberapa minggu pertama dan sampai tiga cup selama kehamilan.

Payudara akan kembali pada ukuran normal setelah kehamilan dan setelah bayi disapih. Namun, terkadang payudara akan tetap lebih besar dari ukuran sebelum kehamilan.

2. Kanker payudara
Inflammatory breast cancer (peradangan akibat kanker payudara) juga salah satu alasan yang membuat Anda harus berkonsultasi dengan dokter bila ukuran payudara meningkat tiba-tiba.

Ketika ada kanker, payudara dapat menjadi meradang dan menyebabkan pertumbuhan abnormal. Gejala kanker payudara mungkin meliputi pembengkakan, kelembutan dan kemerahan. Hal ini dapat terjadi pada pria dan wanita, pada salah satu payudara atau keduanya.

3. Masa pubertas
Pubertas adalah alasan yang sangat mendasar untuk pertumbuhan payudara yang mendadak. Menurut Official Journal of the American Academy of Pediatrics, usia umum untuk pubertas pada anak perempuan adalah 11 tahun dan anak laki-laki diperkirakan 12 tahun.

Dari usia 11 hingga 16 tahun, anak perempuan mungkin akan melihat pertumbuhan mendadak pada payudara. Pubertas pada anak perempuan dapat menyebabkan ukuran payudara tumbuh penuh atau lebih dalam waktu yang sangat singkat. Kadang-kadang, satu payudara akan tumbuh lebih cepat dari yang lain.

4. Ginekomastia
Ginekomastia adalah pembengkakan payudara pada pria dan telah dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon seks. Ketika kondisi ini terjadi pada laki-laki saat memasuki masa puber, maka sering hilang dengan sendirinya ketika tingkat hormon kembali normal.

Namun jika kondisi ini muncul saat dewasa, maka cenderung akan bertahan. Pada pria yang lebih tua, testosteron yang dihasilkan lebih sedikit yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini terkadang juga disebabkan karena pertumbuhan jaringan kelenjar dan jaringan lemak di bawah payudara. Jaringan lemak menghasilkan sejumlah estrogen yang pada gilirannya menyebabkan payudara tumbuh lebih besar.



(mer/ir)

Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit