detikhealth
Konsultasi Bedah
Dr. Denni Joko Purwanto SpB(K)Onk

Dr. Denni Joko Purwanto SpB(K)Onk adalah Dokter Spesialis Bedah Onkologi. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Ada Benjolan di Payudara Tapi Tidak Sakit

Rabu, 07/09/2011 10:48 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, di payudara kiri saya ada benjolan tetapi tidak sakit sama sekali jika di pegang dan ukurannya tidak berubah dan tidak pernah berubah tempat posisi. Tetapi jika mau menstruasi, benjolan di payudara itu sakit bila di sentuh dan setelah keluar darah haidnya benjolan yang di payudara itu tidak sakit. Apakah gejala ini tidak apa-apa? Saya mengalami ini sejak umur 16 tahun dan payudara saya terlihat lebih besar sebelah kiri dibanding kanan. Terimakasih.

Putri (Perempuan Lajang, 20 Tahun), gustiXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 157 Cm dan Berat Badan 58 Kg

Jawaban

Benjolan payudara pada wanita muda sering disebabkan karena kelainan-kelainan jinak seperti fibro adenaoma mamma (FAM), kista payudara dan lain lain sebab. Pada saat menjelang mensturasi payudara wanita secara fisiologis karena pengaruh hormaonal menjadi sembab dan kencang itulah sebabnya kadang timbul terasa nyeri.

Memang ukuran payudara tidak selalu persis sama antara kiri dan kanan yang penting itu bukan karena suatu kelainan ataupun tumor. Tapi untuk mengetahui kondisi jelasnya yang terjadi pada Saudara, ada baiknya dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Dr. Denni Joko Purwanto SpB(K)Onk
Dokter Spesialis Bedah Onkologi. Praktik di RS PURI INDAH-PONDOK INDAH Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.



(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit