Konsultasi Kedokteran Olahraga
Dr. Andri Wanananda MS

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

Apakah Wanita yang Sering ML Bisa Dilihat dari Bibir Miss V?

Rabu, 14/09/2011 16:34 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, kenapa ada wanita yang labia minora (bibir kecil) tumbuh lebih besar (tebal) seperti yang dimiliki wanita eropa sampai keluar menonjol dari labia mayora. Hal ini berbeda dengan labia minora yang dimiliki wanita lain pada umumnya sangat kecil dan tipis serta letaknya hanya di dalam. Apakah ini kelainan atau disebabkan hal lain. Apakah ini gejala tersebut karena wanita sering berhubungan dengan pria lain? Terimakasih dok.

Heri (Pria Menikah, 40 Tahun), heriXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 70 Kg

Jawaban

Labia minora vagina yang tampak lebih besar daripada Labia mayora bisa disebabkan oleh:


  1. Bawaan lahir (anomali)
  2. Trauma pada persalinan yang sering
  3. Desakan dari dalam akibat kista
  4. Pelebaran pembuluh darah.

Belum ada bukti labia minora yang lebih besar karena sering berhubungan intim (ML). Jadi sering ML bukan penyebab Labia minora vagina lebih besar dari Labia mayora. Karena gerakan-gerakan saat sanggama tidak cukup kuat untuk terjadinya protrusio labia minora. Dengan demikian tidak bisa menunjukkan kondisi tersebut karena si perempuan sering melakukan ML tapi lebih karena faktor-faktor di atas.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.


(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit