detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Rabu, 17/12/2014 18:37
Berita Pilihan 2014
Konsultasi Saraf
Dr. Michael Setyawan SpS

Dr. Michael Setyawan SpS, adalah dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Leher dan Kaki Sakit, Apakah Karena Penyempitan Saraf?

Kamis, 15/09/2011 14:31 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, sudah dua tahun saya merasakan nyeri di bagian tulang belakang sampai pada leher dan juga di bagian kaki sebelah kiri. Saya sudah minum obat anti nyeri tapi tetap saja rasa nyeri itu tidak hilang, kalau boleh tahu gimana cara menghilangkan rasa nyeri itu? Dan apakah ada penyempitan saraf di bagian tulang belakang? Terimakasih sebelumnya.

Reyners (Pria Lajang, 20 Tahun), reynersXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 53 Kg

Jawaban

Nyeri pada tulang belakang yang menjalar sampai ke kaki kiri dapat disebabkan oleh gangguan saraf. Nyeri akan menjalar sesuai dengan daerah persarafan yang bersangkutan. Nyeri biasanya akan bertambah dengan batuk, bersin atau mengedan.

Penjepitan saraf pada tulang belakang sebagian besar disebabkan oleh adanya penonjolan jaringan lunak. Pemeriksaan penunjang untuk gangguan saraf daerah punggung adalah dengan magnetic resonance imaging (MRI). Pengobatan dapat dengan obat anti inflamasi non steroid, dan muscle relaxant.

Obat untuk mengurangi nyeri saraf (neuropathic pain) yang biasa digunakan adalah golongan anti depresan dan golongan anti konvulsan. Selain dengan pengobatan, fisioterapi dapat membantu mengurangi nyeri. Apabila dengan penatalaksanaan konservatif (pengobatan dan fisioterapi) tidak berhasil, dipertimbangkan untuk tindakan operasi.

Dr. Michael Setyawan SpS
Dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit