detikhealth
Konsultasi Anak
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Apa Efeknya Jika Anak Sering Kejang?

Irna Gustia - detikHealth
Senin, 19/09/2011 12:36 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, tadi pagi anak saya kembali demam. Kami pikir demam yang terjadi adalah demam biasa, akan tetapi terjadi kejang pada anak saya tersebut. Kemudian kami membawa anak saya ke UGD terdekat dan diberi stesolid.

Pertanyaan saya, amankah pemberian obat tersebut kepada anak saya karena kami tetap diberi stesolid diazepam oral? Kapan sebaiknya penggunaan obat tersebut? Apakah kejang tersebut berpengaruh terhadap perkembangan anak di masa depan karena telah terjadi 2 kali kejang dalam rentan 30 hari (yang pertama kami rawat inap di RS terdekat yang ke 2 tidak perlu menurut dokter)? Terimakasih.

Yuli A (Pria Menikah, 29 Tahun), yuliariXXXX@ymail.com
Tinggi Badan 178 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Semua orangtua pasti cemas saat anak kejang, baik kejang demam atau kejang tanpa deman. Karena saat kejang akan terjadi gangguan di otak akibat gangguan oksigenasi di otak. Nah, kalau terjadi berulang akan berisiko mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Pemberian diazepam saat kejang sudah menjadi standar dalam dunia kedokteran asalkan sesuai dosis. Secara penelitian efek dari pemakaian oral dan anus sama, tetapi penyerapan dari anus lebih cepat. Pemberian obat diazepam oral dapat ditoleransi bila panas di atas 38,5 derajat.

Langkah terbaik, ukur suhu tubuh anak secara teratur bila anak demam, agar tidak terulang lagi serangan kejang.

Istilah step biasa digunakan untuk sakit kejang demam. Kejang demam adalah timbulnya kejang akibat demam yang tinggi. Kasus anak demam cukup sering ditemukan pada anak antara usia 6 bulan sampai 4 tahun. Bila kejang didahului dengan demam dan kejang bersifat umum itu artinya semua tubuh kejang dan tidak lebih 15 menit, kemudian setelah kejang anak akan sadar.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.


(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit