detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG adalah Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 19 November 2009 hingga 22 Juni 2012)

Apa Efek dari Air Ketuban yang Berwarna Hijau?

Rabu, 21/09/2011 13:54 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, waktu saya melahirkan anak kedua, air ketubannya berwarna hijau. Kata bidan, mungkin itu hanya karena lahir lewat tanggal yang diperkirakan. Sebenarnya apa penyebab air ketuban berwarna hijau? Dan apa akibatnya buat anak saya? Mohon penjelasanya dok. Terimakasih.

Dewi (Perempuan Menikah, 27 Tahun), dewiXX@yahoo.com
Tinggi Badan 148 Cm dan Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Air ketuban hijau diakibatkan oleh keluarnya mekonium yaitu kotoran janin ke dalam cairan ketuban. Keluarnya kotoran janin ini disebabkan oleh stres yang dialami janin dalam proses persalinan.

Pada umumnya, air ketuban hijau tidak berdampak apapun pada janin dengan syarat detak jantung janin selama proses persalinan tetap baik.

Tapi bila air ketuban hijau kental, perlu dilakukan pembersihan rongga mulut, rongga hidung dan jalan pernapasan sebelum bayi melakukan gerakan pernapasan yang pertama. Ini supaya air ketuban yang hijau kental ini tidak terhirup ke dalam paru-paru yang bisa mengakibatkan gangguan pernapasan.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG
Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
  • Indeks


    Kalkulator Sehat indeks »
    Database Dokter Obat Penyakit
    Must Read close