detikhealth

Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 28/09/2011 08:52 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Jika seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi biasanya dianjurkan untuk berolahraga. Sebenarnya bagaimana olahraga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol?

Kolesterol tinggi memiliki berbagai efek pada tubuh, salah satunya adalah kelelahan. Ketika plak terbentuk di dinding arteri, bisa menyebabkan kondisi seperti atherosclerosis, penyakit jantung koroner (PJK) dan penyakit mikrovaskuler koroner atau coronary microvascular disease (CMD) yang membuat badan terasa cepat capek.

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kardiovaskular secara langsung seperti menurunkan tekanan darah, memperbaiki kondisi diabetes, mengurangi risiko serangan jantung dan juga stroke.

Kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit. Karenanya dokter akan menyarankan adanya modifikasi pada gaya hidup seperti olahraga. Ini dia cara olahraga bisa membantu menurunkan kolesterol, Lifemojo, Rabu (28/9/2011) yaitu:

1. Menurunkan trigliserida, olahraga di pagi hari dapat meningkatkan kadar postprandial plasma-triglyceride sepanjang hari. Hasil studi dari University of Colorado Health Sciences Center di Denver mengungkapkan olahraga membantu penurunan berat badan dan menurunkan kadar trigliserida berlebih.

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), latihan aerobik secara teratur (seperti berjalan, jogging atau sepeda) selama 20-30 menit bisa menajdi cara yang paling efektif untuk meningkatkan kadar HDL.

Berikut ini adalah beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan kolesterol, yaitu:

  1. Peregangan (streching), peregangan adalah bagian yang sangat penting dari setiap program latihan. Peregangan pada lengan dan kaki bisa membantu mempersiapkan otot-otot, mencegah cedera dan ketegangan serta meningkatkan fleksibilitas.
  2. Kardio atau latihan aerobik, jenis latihan ini bisa memperkuat jantung, paru-paru serta kapasitas tubuh untuk menggunakan oksigen. Lathan kardio secara teratur bisa membantu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah yang berdampak pada penurunan kolesterol.
  3. Latihan kekuatan (strength training), olahraga ini melibatkan kontraksi otot secara berulang dengan bantuan beban.
  4. Yoga dan tai chi, dalam olahraga ini dilatih pernapasan dalam dan teknik peregangan yang membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh serta mengurangi dan mencegah penyempitan arteri.

(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit