Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

Normalkah Sperma yang Berwarna Coklat?

Kamis, 29/09/2011 16:57 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, apakah warna sperma yang sehat itu selalu putih bersih? Karena sperma saya berwarna kecoklat-coklatan. Apakah itu tidak sehat? Terimakasih.

Jimmys (Pria Lajang, 23 Tahun), jimmysXXXX@ymail.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 49 Kg

Jawaban

Warna sperma yang normal adalah 'Grey-Yellow'. Warna sperma juga dipengaruhi pula oleh makanan, minuman atau buah-buahan yang dimakan banyak. Harap lihat penjelasan rinci tentang warna sperma pada: "Serba Serbi Cairan Sperma", andriwanananda.blogdetik.com. Untuk memastikan sehat-tidaknya sperma Anda, dapat dilakukan pemeriksaan di laboratorium-klinik.

Warna cairan sperma yang normal ditentukan oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Sperma akan terasa pahit dan masam bila individu banyak makan daging merah, produk hewani, bawang, garlic dan kopi. Sperma akan terasa manis bila individu banyak memakan buah-buahan yang mengandung gula alami seperti jeruk, pisang dan apel.

Air mani atau semen yang sehat biasanya berwarna putih atau abu-abu, kadang-kadang berwarna kekuningan. Jika air mani berwarna merah muda atau merah itu artinya ada masalah serius yang harus ditanyakan ke dokter karena tandanya mengandung darah yang nantinya bisa didiagnosa dokter.

Cairan sperma yang abnormal berwarna kemerahan atau kuning-pekat, yang biasa disebabkan oleh proses peradangan atau infeksi pada organ-organ genital. Bila Anda tidak merasa nyeri ketika buang air seni atau ejakulasi, sperma Anda masih relatif normal.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.


(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit