detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Dito Anurogo

dr. Dito Anurogo, medical doctor at neuroscience department and Brain and Circulation Institute of Indonesia (BCII), Surya University, Indonesia.

Obat Apa yang Harus Diminum Jika Batuk Tak Sembuh-sembuh?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 30/09/2011 10:47 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, ibu saya batuk tidak sembuh-sembuh. Setiap kali berkurang tapi setelah beberapa hari batuk lagi padahal sudah minum berbagai obat baik dari dokter maupun dari herbal. Kira-kira obat apalagi yang harus diminum atau apa yang harus dilakukan? Terimakasih.

Asih (Perempuan Lajang, 33 Tahun), tolaXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 40 Kg

Jawaban:

Terimakasih atas kepercayaannya.

Batuk merupakan mekanisme refleks normal yang penting di dalam memelihara saluran atau jalan napas yang steril (suci-hama) dan tanpa halangan alias 'bebas hambatan'. Jadi, batuk merupakan cara tubuh di dalam menjawab atau merespon iritan di tenggorokan dan saluran napas.

Batuk terdiri dari tiga fase: inspiratory, compressive, dan expiratory.

Pemahaman batuk kini semakin dipermudah dengan ditemukannya reseptor batuk bernama vanniloid beserta subtipenya. Plastisitas jalur aferen perifer dan sentral (peripheral and central afferent pathways) juga berperan penting dalam batuk.Next

Halaman 1 2 3
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit