detikhealth

Meski Punya Anak Down Syndrome, Keluarga Merasa Bahagia

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Minggu, 02/10/2011 12:02 WIB
Halaman 1 dari 3
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Memiliki anak Down Syndrome atau Sindrom Down bukan hal yang mudah untuk merawatnya. Meski begitu, keluarga penderita Sindrom Down mengaku lebih bahagia punya anak Sindrom Down karena kaya akan pengalaman.

Survei yang dilakukan Dr Brian Skotko dari Children's Hospital Boston menunjukkan hal yang luar biasa. Bagaimana keluarga penderita Sindrom Down tidak merasa minder, putus asa atau takut melainkan sangat bahagia.

Alasannya memiliki anak Sindrom Down membuat keluarga harus meningkatkan kualitas hidup dengan mengajarkan kesabaran, penerimaan dan keluwesan. Anak Sindrom Down telah membuat keluarganya menjadi lebih kuat.

Seperti dilansir Healthday, Minggu (2/10/2011), hasil survei menunjukkan:
1. Sebanyak 96 persen orangtua penderita sindrom Down menyatakan tidak menyesal telah memiliki anak dengan sindrom Down.

2. Hampir delapan dari 10 orang tua tersebut mengatakan bahwa justru penyakit anaknya itu telah meningkatkan kualitas hidup mereka dengan mengajarkan kesabaran, penerimaan, dan keluwesan.

3. Tak hanya orang tua, saudara-saudara kandung mereka juga memiliki perasaan yang sama. 94 persen di antaranya mengatakan bahwa mereka merasa bangga akan saudara mereka yang memiliki sindrom Down.

4. Sebanyak 88 persen di antaranya mengatakan bahwa saudara mereka yang memiliki sindrom Down itu telah membuat mereka menjadi orang yang lebih baik.
5. Dan hampir semua penderita Sindrom Down mengatakan senang dengan kehidupannya saat ini dan menyukai keadaan mereka.Next

Halaman 1 2 3
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit