detikhealth

Apa Ciri Kanker Tulang Belakang?

Selasa, 04/10/2011 09:27 WIB
Apa Ciri Kanker Tulang Belakang?(Foto: thinkstock)
Dok, saya pernah operasi tumor jinak di atas leher belakang. Sekarang saya mau mengecek apakah tumornya sudah hilang. Tapi saya maunya dengan cek darah. Saya mau tahu gejala awal kanker tulang belakang. Terimakasih.

Dony S (Pria Menikah, 30 Tahun), donny.XXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 78 Kg

Jawaban

Gejala kanker tulang bisa seperti di bagian permukaan tulang terasa benjolan yang cukup keras, terkadang bisa terasa sakit atau bisa juga tidak, biasanya rasa sakit akan bertambah menjelang malam hari, patah tulang, demam, penurunan berat badan secara drastis, mudah lelah.

Jika ada merasakan gejala dan keluhan diatas, secepatnya melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosa secara dini.

Kanker tulang disebabkan oleh masalah pada sel yang membuat tulang. Umumnya kanker tulang terjadi pada anak-anak dan remaja dan jarang terjadi pada orang dewasa atau lanjut usia. Kanker tulang pada orang dewasa biasanya terjadi akibat metastasis dari tumor lain.

Gejala yang paling umum adalah rasa sakit pada tulang. Dalam kebanyakan kasus, gejala-gejala menjadi makin parah secara bertahap seiring dengan waktu. Awalnya, rasa sakit hanya muncul pada malam hari atau ketika beraktivitas. Dalam beberapa kasus, terdapat benjolan pada tulang atau di jaringan sekitar tulang.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong
Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di RS Awal Bros, Jln MH Thamrin No.3 - Kebon Nanas Cikokol Tangerang, Phone: 021-99933380 , 021-92088881, 0818197758 atau cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222.




(ir/ir)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit