detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

Anak yang Suka Membedakan Jenis Kelamin Dipengaruhi Ibu

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 04/10/2011 14:43 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Beberapa orang kadang suka membeda-bedakan segala sesuatu berdasarkan jenis kelaminnya. Studi menunjukkan perilaku anak yang suka membeda-bedakan jenis kelamin ini ternyata lebih banyak dipengaruhi oleh sang ibu.

Studi yang melibatkan hampir 1.500 anak-anak menemukan ibu rumah tangga seringkali menjadi penyebab jika anak mengembangkan perilaku diskriminatif, meski kadang para ibu lebih cenderung menjadi korban.

Fenomena ini karena anak-anak umumnya lebih banyak menghabiskan waktu dengan ibu seperti mengerjakan pekerjaan rumah, kondisi ini yang menyimpulkan adanya peran penting dari ibu dalam menimbulkan perilaku tersebut.

"Perempuan kerap menjadi korban utama dari seksisme, tapi orang-orang ini juga memiliki pengaruh yang besar untuk menciptakan perilaku-perilaku seperti itu," ujar Dr Maite Garaigordobil dari University of the Basque Country di Spanyol, seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (4/10/2011).

Studi ini menganalisis tingkat seksisme dari 1.455 putra dan putri berusia 11-17 tahun dengan orangtuanya. Hasil temuan ini telah dipublikasikan dalam journal of the Psychological Association of Asturias dan ternyata ibu memiliki pengaruh terbesar dalam menciptakan perilaku seksi pada anak.

Dr Garaigordobil menuturkan tingkat seksisme pada ibu lebih dikaitkan dengan anak laki-laki maupun perempuan dibanding dengan pengaruh ayah. Namun belum dapat dikonfirmasi apakah hubungan ini bersifat sebab-akibat atau tidak.

Para peneliti menjelaskan pentingnya menerapkan program pendidikan selama masa bayi dan remaja sebagai cara untuk mendorong kesetaraan gender, mengurangi seksisme dan mencegah kekerasan berbasis gender.

"Hasil lain yang ditemukan semakin besar tingkat sosial-ekonomi dan budaya dalam keluarga, maka semakin rendah tingkat seksisme pada anak dan orangtuanya," ujar Dr Garaigordobil.
(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit