detikhealth
Konsultasi Bedah
Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.

Darah Segar Keluar Saat BAB

Rabu, 05/10/2011 10:07 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Dok, saya sudah 2 hari mengalami BAB (buang air besar) berdarah. Darahnya segar keluar dari dubur dan sudah berobat ke dokter katanya ambeien. Sudah minum obat tablet 2 hari tapi belum hilang juga. Saya jadi takut untuk BAB. Apa benar saya mengalami ambeien dok, tapi tidak ada daging yang menonjol di dubur saya? Mohon dikonfirmasi keluhan saya. Terimakasih.

Susan (Perempuan Lajang, 22 Tahun), cut_XXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 153 Cm dan Berat Badan 42 Kg

Jawaban

Buang air besar (BAB) berdarah bisa disebabkan banyak hal dan salah satunya karena hemorhoid (ambeien). Untuk menegakkan apakah kelainannya hemorhoid atau bukan dapat dinilai dari keluhan, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan.

Pemeriksaan tambahan berupa anuskopi (pemeriksaan teropong anus dengan alat yang pendek) atau rektoskopi (pemeriksaan teropong dari anus sampai sejauh kurang lebih 20 cm) atau kolonoskopi (pemeriksaan teropong dari anus untuk melihat seluruh panjang usus besar (kolon).

Keluhan akan menentukan derajat dari hemorhoidnya.
Derajat 1: Ada rasa nyeri saat buang air besar, kadang-kadang ada darah keluar namun tidak ada daging yang keluar.
Derajat 2: Seperti derajat 1 tapi ada benjolan yang keluar namun dapat masuk kembali secara spontan.
Derajat 3: Seperti derajat 2, namun benjolan yang turun tidak masuk spontan namun harus dimasukkan atau didorong.
Derajat 4: Seperti derajat 3, namun benjolan tetap di luar meski sudah (dicoba) dimasukkan.

Kalau yang Anda derita itu benar suatu hemorhoid mungkin masih derajat 1. Namun itu semua harus dibuktikan dengan pemeriksaan fisik yaitu dilihat dan kadang-kadang diperlukan pemeriksaan colok dubur dan bahkan bisa saja memerlukan pemeriksaan anuskopi, rektoskopi dan bahkan mungkin saja kolonoskopi.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit