detikhealth
Konsultasi Anestesi
dr. M. Helmi, Sp.An., MSc

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.
Dokter spesialis anestesi yang tengah riset untuk PhD Research Fellow di Belanda. Intensive Care Adults Erasmus MC, Kamer H602 's Gravendijkwal 230, 3015CE
Rotterdam, The Netherlands. (Periode konsultasi 5 Maret 2011 hingga 29 Februari 2012)

Telapak Kaki Selalu Sakit Saat Bangun Tidur

Rabu, 05/10/2011 12:58 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Dok, telapak kaki saya dekat tumit rasanya sakit bila bangun tidur atau bila terlalu lama jalan dan terlalu lama berdiri. Saya sudah periksa ke dokter, dan katanya ada daging tumbuh (jalu). Dulu dikasih obat dan salep, tapi sampai sekarang kok belum sembuh. Walaupun sakitnya tidak seberapa tapi cukup mengganggu, terutama bila habis olahraga aerobik. Adakah alternatif lain selain dikikis (operasi)?

Dessy (Perempuan Menikah, 37 Tahun), dessy@XXXXX-teak.com
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 58 Kg

Jawaban

Telapak kaki atau tumit yang nyeri saat bangun tidur, setelah istirahat lama atau setelah aktivitas lama yang kemungkinan disertai dengan pembengkakan, dapat karena peradangan pada plantar fascia atau jaringan tebal pada bagian bawah kaki.

Terapi yang dapat dilakukan untuk peradangan plantar fascia dapat dengan melakukan beberapa latihan, seperti:
1. Sebelum berdiri, lakukan peregangan pada kaki dengan menarik (mengencangkan) kaki (ke atas) dan melemaskannya kembali beberapa kali.

2. Saat duduk, mainkan (tidak ditekan terlalu keras) bola tenis atau benda bulat lainnya dengan telapak kaki.

3. Berdiri melawan tembok dengan telapak tangan dirapatkan ke tembok, letakkan kaki yang akan dilakukan stretching sekitar satu tapak di belakang kaki yang lain. Tekuk lutut kaki yang di depan sampai dirasakan tarikan pada kaki yang di belakang. Tahan stretching selama 15 sampai 20 detik.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit